Visipena Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/visipena

KAJIAN PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SIMULASI SEBAGAI UPAYA MENGATASI KETIDAK-SEDIAAN LABORATORIUM

Rina Mirdayanti, Murni Murni

Abstract


Kemampuan menggunakan alat-alat praktikum bagi siswa merupakan suatu keharusan dalam mata pelajaran Fisika Dasar. Pada kenyataannya yang sering terjadi adalah tidak tersediannya laboratorium yang memadai untuk pelaksanaan praktikum, sehingga proses praktikum menjadi terkendala. Untuk mensiasati permasalahan seperti ini dibutuhkan sebuah media seperti perangkat software laboratorium virtual berbasis simulasi yang bisa digunakan dalam praktikum  fisika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang tepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketidak-sedian  peralatan  laboratorium. Jenis penelitian yang gunakan adalah penelitian dengan pendekatan studi literatur. Hasil yang diharapkan dari literatur ini adalah munculnya pemahaman dalam melaksanakan praktikum fisika dasar dengan laboratorium virtual sebagai sarana untuk mengatasi persoalan ketidak-sedian laboratorium secara nyata. Sehingga laboratorium virtual ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi siswa dan guru dalam melaksanakan praktikum.

 

Kata Kunci: Praktikum, Ilmu Sains, Laboratorium Virtual, Pemahaman Konsep

 

AbstractThe ability to use practical tools for students is a must in the basic Physics practical courses. In fact often happens is not adequate for laboratory tersediannya the implementation of practical, so that the process of teaching being constrained. To like the other problems like this needed a media device such as a software-based virtual lab simulations that can be used in the teaching of basic physics. This research aims to analyze the exact effort that can be done to overcome the lack of sedian laboratory equipment. This type of research is research use approach to the study of literature. The expected results of this literature is the emergence of an understanding of basic physics lab course in conducting with virtual laboratory as a means to address the issue of sedian in the real Labs. This virtual lab so that it can be the right solution for students and teachers in carrying out practical work.

 

Keywords: Practical,Science Laboratory, Virtual Laboratotium, Understanding Concepts.

Full Text:

PDF

References


______. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka. Sukarso, 2005. Pengertian Dan Fungsi Laboratorium. Online http://wanmustafa.wordpress.com/2011/06/12/ pengertian-dan-fungsi-laboratorium/, diakses pada tanggal 24 September 2017.

Fithriani, Syarifah Leli dkk. 2016. Penggunaan Media Simulasi PhET Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 45-52.

Gunawan, dkk. Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 2089-6158.

Henlenti, dkk. 2014. Pengembangan Media Praktikum Laboratorium Virtual Untuk Pembelajaran Optika Kelas VIII SMP Negeri I Tungkal Ulu. Edu Sains Volume 3.

Herrani, Catarina Retno 2015. Penggunaan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Menggunakan Alat-alat Mikrobiologi. Widya Dharma Jurnal Kependidikan, 0853-0920.

Jaya Hendra, Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Makassar.

Sari, Putri Iman dkk. 2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2407-6902.

Warsito Adi, 2010. Jangka Sorong Virtual, Online http://adiwarsito.wordpress.com/2010/08/02, diakses pada tanggal 11 September 2017.

Wulandari Nais dan Vebrianto Rian, 2017. Studi Literatur Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Menggunakan Laboratorium Virtual. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri, 2579-5406.

Yuafi Muhammat Erwin Dasa, 2015. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran PhET Simualtion Simulasi Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas X TILT Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di SMKN 7 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 407-414.


Article Metrics

Abstract views: 858   PDF views: 1431